Upacara HUT RI ke-70 : Memotivasi Mahasiswa Dalam Menghadapi MEA 2015



Tak terasa genap sudah 70 tahun Indonesia merdeka, dan tepat ditahun ini rakyat Indonesia akan menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tak heran jika kali ini pemerintah mengusung tema “Ayo Kerja” dan untuk wilayah Jawa Timur (Jatim) sendiri mengusung sub tema “Ayo Kerja adalah Solusi Menghadapi MEA 2015 dan 70 Tahun Indonesia Merdeka”. Tema yang disampaikan oleh Gubernur Jatim saat ini, yakni Dr . H. Soekarwo, pada sambutan di upacara pagi ini (17/8), terbukti berhasil memotivasi civitas Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Tepat pukul 07.00 WIB, upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 tahun digelar di lapangan merah gedung D3 kampus PENS. Suasana khidmat tampak menghiasi jalannya upacara terlebih saat pengibaran sang saka merah putih. Para peserta upacara yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan staf PENS tersebut dibekali dengan pesan untuk menghadapi era MEA yang tak lama lagi akan dijalani negeri ini.

Sub tema yang diusung oleh Jatim yakni “Ayo Kerja adalah Solusi Menghadapi MEA 2015 dan 70 Tahun Indonesia Merdeka” menekankan nilai kesatuan dalam berbangsa dan bertanah air untuk menghadapi MEA akhir tahun 2015 mendatang. Dr . H. Soekarwo juga menjelaskan bahwa belau akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang ketenaga kerjaan baik dalam lingkup siswa Sekolah Menegeah Kejuruan (SMK) maupun mahasiswa.

Hal tersebut memacu civitas PENS untuk lebih berkontribusi bagi bangsa, seperti yang diungkapkan oleh Dr. Rusminto Tjatur Widodo ST selaku instruktur upacara pagi ini.

“Sebagai warga PENS, budaya kerja sudah ditanamkan dan itu semua harus dipertahankan agar kita dapat berkontribusi dalam menghadapai MEA. Seperti pesan peningkatan SDM, itu tugas kita untuk membentuk mahasiswa yang berkualitas dalam dunia kerja,” ungkap wakil direktur Bidang Akademik tersebut.

Sumber : PENS

Comments